Beranda > Edukasi > Hashim Djojohadikusumo Hibahkan Rp 13,5 Miliar ke UGM

Hashim Djojohadikusumo Hibahkan Rp 13,5 Miliar ke UGM


Yayasan Keluarga Hashim Djojohadikusumo, yang sekarang berganti nama menjadi Yayasan Arsari Djojohadikusumo, menyumbangkan gedung senilai Rp 13,5 miliar untuk Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Gedung yang diberi nama R.M Margono Djojohadikusumo itu diharapkan meningkatkan kapasitas ruang kuliah di FIB UGM yang dinilai terlalu sempit. Nama RM Margono Djojohadikusumo sendiri diambil dari nama tokoh ekonomi pada zaman awal kemerdekaan. Tokoh pendiri Bank BNI’46 tersebut juga merupakan kakek dari Ketua Yayasan Arsari Djojohadikusumo Hashim Djojohadikusumo.
Hashim menjelaskan, nama itu dipilih sebagai penghormatan kepada sang kakek yang dikenal sebagai sosok nasionalis serta mencintai budaya bangsa. ”Gedung baru ini pun diharapkan dapat menjadi pusat pengembangan ilmu budaya Indonesia dan menghasilkan para intelektualis yang tetap mencintai budaya,” tuturnya seusai acara serah terima gedung R.M Margono Djojohadikusumo kepada UGM, Yogyakarta, Kamis (10/12).

Gedung empat lantai tersebut mulai dibangun September 2008 dan akan digunakan untuk empat jurusan di FIB UGM, yaitu Arkeologi, Sastra Nusantara konsentrasi Sastra Jawa, Sastra Indonesia, dan Sejarah.

Dekan FIB UGM Ida Rochani Adi menuturkan, gedung R.M Margono Djojohadikusumo tersebut nantinya akan digunakan sebagai ruang kuliah, laboratorium arkeologi berstandar internasional, dan ruang dosen. Keberadaan gedung seluas 3.200 meter persegi itu dinilai memecahkan persoalan kekurangan ruangan yang selama ini terjadi di FIB.

”Ruang dosen saja selama ini masih kurang, satu tempat duduk sering kali harus digunakan dua dosen,” tuturnya.

Adapun saat ini mahasiswa FIB UGM berjumlah 3.500 orang.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: