Beranda > Kesehatan > Badung di Waktu Kecil Bikin Cepat Tutup Usia

Badung di Waktu Kecil Bikin Cepat Tutup Usia


Perilaku buruk semasa kecil berhubungan dengan kesehatan bahkan kematian anak di masa depannya. Anak yang sering bolos, tidak jujur dan pembuat onar di sekolahnya, dilaporkan peneliti lebih cepat mati di usia 40-an tahun.

Penemuan ini didasarkan pada hasil analisis 411 anak laki-laki di London sejak tahun 1961. Dalam Journal of Public Health, satu dari enam (16,3%) laki-laki yang semasa kecilnya tergolong nakal dan pernah tersangkut kasus kriminal dilaporkan meninggal dunia pada usia 48-an tahun.

“Kami sangat terkejut melihat hubungan yang erat antara pengaruh sifat buruk di masa kecil dengan kematian dini seseorang,” kata Jonathan Stepherd dari Violence dan Society Research Group di Cardiff University, Wales seperti dikutip Healthday, Minggu (13/12/2009).

“Fakta ini mengindikasikan bahwa sesuatu yang terjadi di dalam keluarga pada usia 8 hingga 10 tahun mempengaruhi perkembangan kesehatan bahkan memicu mati muda,” imbuhnya.

Namun peneliti menyebutkan penyebab kematiannya bukan karena penyakit mental yang dikaitkan dengan kehidupan anti sosial, tapi lebih karena penyakit jantung, stroke, pernafasan atau kanker.

“Kami tidak tahu pasti kenapa hal itu bisa terjadi, tapi mungkin faktor terbesar adalah karena stres, pola hidup buruk dan kurangnya pengontrolan diri,” jelas Shepherd.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: