Beranda > Kesehatan > Hindari Kopi Saat Mabuk

Hindari Kopi Saat Mabuk


Menikmati suasana dugem melepas stres kadang membuat orang minum hingga mabuk. Satu hal yang pasti sebaiknya hindari kopi karena kombinasi kopi dan alkohol akan membuat orang mabuk menjadi sangat sulit untuk sadar.

Ilmuwan di Amerika Serikat menuturkan bahwa kopi tidak bisa membuat seseorang menjadi tenang. Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Temple University di Philadelphia menunjukkan minuman yang berkafein membuat seseorang menjadi lebih waspada atau terjaga.

“Mitos yang berkembang bahwa kopi bisa menenangkan sama sekali tidak benar, karena konsumsi kafein dan alkohol akan memberikan efek yang buruk dan bisa menimbulkan malapetaka,” ujar ketua penelitian Thomas Gould, seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (10/12/2009).

Orang yang merasa lelah dan mabuk setelah mengonsumsi alkohol cenderung lebih bisa mengakui bahwa dirinya mabuk. Sementara kombinasi antara kafein dan alkohol bisa mengarah pada risiko serius bagi orang tersebut.

Berdasarkan penelitian didapatkan kafein gagal dalam mengembalikan efek negatif dari alkohol. Memang seseorang yang mengonsumsi kafein dapat membuat orang tersebut menjadi lebih tenang, tapi jika dikonsumsi saat mabuk bukan ketenangan yang didapat melainkan risiko berbahaya.

Beberapa orang memag percaya bahwa kopi bisa menenangkan orang yang sedang mabuk, tapi sebaiknya mitos ini dihilangkan.

“Semua bukti penelitian justru mengarah ke risiko serius yang bisa ditimbulkan dari kombinasi kafein dan alkohol,” ujar Dr Gould. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Behavioural Neuroscience.

Minuman yang bisa menghindari rasa sakit di kepala saat atau setelah mabuk adalah air putih yang telah dicampur dengan madu. Kombinasi minuman ini bisa membuat seseorang menjadi lebih tenang.

Jika Anda memang benar-benar ingin menikmati suasana atau melepaskan stres, sebaiknya kontrol diri agar tidak mabuk. Karena banyak kerugian yang bisa ditimbulkan dari mabuk, seperti terganggunya keseimbangan tubuh, menurunkan sistem kekebalan dan berisiko tinggi terjadinya kecelakaan.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: