Beranda > Tekno, Teknologi Informasi > IDC: 2010 Bakal Menjadi Tahun Aplikasi

IDC: 2010 Bakal Menjadi Tahun Aplikasi


Incorporated Data Services (IDC) memperkirakan 2010 akan menjadi tahun aplikasi. Itulah satu dari 10 prediksi teknologi yang baru saja dirilis firma riset tersebut.

“Itu akan menjadi batas penentu naiknya perangkat mobile sebagai platform strategis bagi para pengembang aplikasi komersial dan korporat,” demikian pernyataan IDC. Hal tersebut karena perangkat mobile telah memiliki kemampuan yang setara dengan PC. IDC memperkirakan lebih dari 1 miliar perangkat mobile mengakses Internet akhir tahun depan.

Aplikasi iPhone diperkirakan naik tiga kali lipat dalam setahun dari sekitar 100.000 aplikasi saat ini. Sementara untuk pasar Android akan naik dari sekitar 10.000 aplikasi saat ini menjadi 50.000-75.000 aplikasi akhir tahun depan.

Selain itu IDC juga memasukkan iPad sebagai pemicu tren tersebut. IDC meyakini Apple akan merilis perangkat seperti tablet PC itu tahun depan. iPad adalah nama yang disematkan IDC untuk perangkat yang beredar rumor menggunakan platorm iPhone namun berukuran lebih besar. Microsot juga diperkirakan akan membuat perangkat sejenis.

Elemen lainnya adalah masih tingginya penjualan netbook yang diperkirakan mencapai 40 juta unit tahun depan. Laporan IDC menyebutkan pengembangan netbook pada 2010 akan didukung pertumbuhan ekosistem software yang khusus dibuat untuk perangkat tersebut, dimulai dengan sinkronisasi software. Selain itu, aplikasi khusus netbook bakal berkembang karena software standar yang belum dibuat khusus untuk netbook saat ini masih sangat sedikit.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: