Beranda > Kesehatan > Ikut Tes Deteksi Dini Kanker Leher Rahim di Pasar Tradisional

Ikut Tes Deteksi Dini Kanker Leher Rahim di Pasar Tradisional


Sebanyak 180 perempuan mengikuti tes deteksi dini kanker leher rahim, Rabu (2/12). Sebagian besar adalah pedagang pasar ditambah para pembeli yang kebetulan sedang berbelanja di Pasar Gede, Solo. Tes dilakukan dengan metode IVA atau inspeksi visual dengan asam asetat. Kegiatan ini dilakukan atas kerjasama Rotary Club Solo Kartini, Rotary Club Solo Raya, Palang Merah Indonesia Kota Solo, dan Lions Club Solo Bengawan.

Ketua I Panitia IVA Test, Rien Herman mengatakan, pihaknya sengaja menjemput bola mendatangi ibu-ibu di pasar tradisional agar dapat menjaring peserta lebih banyak. Melihat antusiasme yang besar, pihaknya berencana menyelenggarakan tes serupa di pasar-pasar tradisional secara bergantian.

Ketua II Panitia IVA Test Danarsih Santosa mengatakan, Rotary Club di Solo sudah dua tahun memberi bantuan dana kepada puskesmas-puskesmas untuk penyelenggaraan tes IVA gratis. “Namun yang datang dalam setahun dapat dihitung dengan jari. Padahal kami telah bekerja sama dengan PKK dan Dinas Kesehatan untuk sosialisasinya. Namun agaknya ibu-ibu takut untuk memeriksakan diri,” kata Danarsih.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: