Beranda > Kesehatan > Olahraga Tidak Mengurangi Sakit Saat Menstruasi

Olahraga Tidak Mengurangi Sakit Saat Menstruasi


Ada anggapan olahraga bisa mengurangi rasa sakit yang dialami perempuan saat menstruasi. Tapi penelitian membuktikan hal tersebut tidak benar, rasa sakit saat menstruasi tetap tidak hilang meskipun dialihkan dengan berolahraga.

Peneliti dari Birmingham University mengungkapkan olahraga teratur yang selama ini direkomendasikan untuk menghilangkan sakit saat menstruasi ternyata tidak membantu. Dari 650 mahasiswi yang disurvei, didapatkan sebesar 28 persennya mengalami sakit yang sedang hingga parah saat menstruasi.

Mahasiswi yang diteliti berusia antara 18 hingga 25 tahun. Pertanyaan yang diajukan adalah kapan pertama kali mendapatkan menstruasi, seberapa sering mengalami sakit, adakah pengobatan yang dilakukan, apakah memiliki penyakit seperti endometriosis (kista) atau fibroid (tumor rahim) serta seberapa sering melakukan olahraga.

Respons yang didapatkan menunjukkan 72 persen mahasiswi tersebut tidak atau sedikit merasakan sakit saat menstruasi, dan 28 persen mengalami sakit yang sedang hingga parah saat mentruasi.

Setelah mempertimbangkan suasana hati (mood), etnik, berat badan, rokok, penggunaan pil kontrasepsi serta seberapa banyak olahraga yang dilakukan perempuan tersebut, didapatkan olahraga tidak memberikan pengaruh untuk mengurangi rasa sakit. Jadi, dibutuhkan masih banyak penelitian untuk bisa membuat rekomendasi bahwa olahraga bisa mengurangi sakit menstruasi.

“Keyakinan bahwa olahraga adalah suatu pengobatan yang efektif telah ada sejak beberapa tahun lalu. Mungkin hal ini hanya menjadi hal menarik agar membuat orang mau untuk berolahraga,” ujar sang peneliti Dr Amanda Daley, seperti dikutip dari BBCNews, Minggu (13/12/2009).

Tapi bukan berarti olahraga tidak penting bagi seorang perempuan. Meski sampai saat ini menunjukkan olahraga tidak mengurangi sakit menstruasi, namun tetap saja olahraga bisa memberikan manfaat positif bagi tubuh seperti jadi lebih sehat dan mempertahankan bentuk tubuh ideal.

Menurut ketua dari Royal College Professor Steve Field, perempuan yang mengalami sakit menstruasi dan melakukan olahraga secara teratur bisa membuat dirinya menjadi lebih baik secara umum. Tapi efek lebih spesifik untuk mengurangi sakit menstruasi belum dapat dibuktikan dengan pasti.

Bagi perempuan yang mengalami sakit saat menstruasi terutama jika sampai mengganggu aktivitasnya, sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter untuk bisa mengetahui apa penyebab pastinya dan bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: