Beranda > Beasiswa > Mantap, Beasiswa di Unpad Kian Melimpah!

Mantap, Beasiswa di Unpad Kian Melimpah!


Beasiswa bagi mahasiswa baru di perguruan tinggi, khususnya Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Jawa Barat, saat ini semakin melimpah. Baru-baru ini, Unpad mendapatkan alokasi beasiswa bagi 500 calon mahasiswa tidak mampu dari Departemen Pendidikan Nasional.

Beasiswa yang dibebankan pembiayaannya dari APBN pusat itu dinamakan dengan Program Beasiswa Bidik Misi Depdiknas RI. Di seluruh Indonesia, kuota beasiswa ini mencapai total 20.000 kursi. Kepastian program beasiswa yang dimulai pada tahun ajaran 2010/2011 ini terungkap Rabu (16/12/2009) lalu dalam acara nota penandatanganan kesepahaman antara Depdiknas dan sejumlah perguruan tinggi.

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unpad mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan mekanisme pemberian beasiswa dan proses seleksi calon penerimanya. “Kami selama ini sudah punya program talent scouting yang memiliki misi sama, jadi, mekanismenya tinggal direplikasi ke program Bidik Misi,” tuturnya, Senin (21/12/2009).

Selama ini, program talent scouting yang didanai oleh program hibah Indonesia Managing Higher Education for Relevance and Efficiency (IMHERE) memiliki kuota terbatas, yaitu 55 orang. Padahal, peminatnya sangat tinggi, mencapai hingga 1.400 orang seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

“Dengan demikian, bisa saja tahun depan kuota tersebut ditingkatkan menjadi 10 kali lipat atau menjadi 550 kursi,” tuturnya.

Mengenai bidang studinya, Trias memastikan bahwa kuota itu meliputi seluruh prodi yang ada di Unpad. Artinya, tidak terbatas pada bidang prodi tertentu.

“Ini berbeda dengan program beasiswa calon mahasiswa lainnya, misalnya, yang didanai oleh Pemerintah Provinsi Jabar, yaitu program Beasiswa Putra Daerah dengan kuota sebanyak 1.200 kursi (total se-Jabar). Program ini sebatas kelompok bidang studi kebidanan dan pertanian peternakan,” ucapnya.

Serupa dengan program Beasiswa Putra Daerah, program Beasiswa Bidik Misi akan diprioritaskan bagi mahasiswa yang berasal dari wilayah Jabar. “Selama ini, lewat jalur yang ada, putra-putra daerah asal Jabar kan kalah saing dengan peserta dari luar daerah. Dengan adanya program ini, mereka yang punya kemampuan ekonomi terbatas bisa punya kesempatan kuliah di Unpad,” paparnya kemudian.

Program Bidik Misi bisa diikuti para mahasiswa tidak mampu, baik dari lulusan sekolah formal maupun kejar paket (pendidikan kesetaraan). Seleksi dilakukan melalui bantuan Dinas Pendidikan di masing-masing daerah. “Misalnya, lewat nilai rapor,” tuturnya memberi contoh penilaian seleksi.

Menurut dia, beasiswa di Unpad sangat melimpah, baik yang diadakan Unpad sendiri, pemerintah, maupun swasta. Pada 2009 ini, berdasarkan catatan Kompas, setidaknya ada 5.130 beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa di Unpad. Jumlah ini adalah seperdelapan dari total mahasiswa aktif Unpad saat ini.

  1. 25 Desember 2009 pukul 11:24

    sy lulusan smk bisnis.ingin mengikuti tes beasiswa kebidanan unpad bgmn crnya dan apa persyaratannya?????

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: