Beranda > Kesehatan > Saat Masa Subur Wanita Lebih Suka Digoda

Saat Masa Subur Wanita Lebih Suka Digoda


Jakarta, Mungkin banyak laki-laki yang gagal dalam menggoda seorang perempuan. Tapi penelitian terbaru menunjukkan laki-laki yang genit akan memiliki kesempatan lebih besar untuk berhasil menggoda saat perempuan berada di masa puncak kesuburannya.

Psikolog Dr Edward Morrison dari University of Portsmouth meminta para perempuan untuk memeriksa berbagai ekspresi yang dibuat oleh laki-laki dan memberikan nilai terhadap daya tarik tersebut. Didapatkan perempuan yang mengalami masa ovulasi (masa paling subur dari siklus bulannya) menunjukkan peningkatan kecenderungan menyukai ekspresi genit.

“Kemampuan untuk membaca dan menginterpretasikan ekspresi wajah dan kesadaran mengenai apa yang Anda isyaratkan dengan ekspresi tersebut dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses dalam menggoda,” ujar Dr Morrison, seperti dikutip dari Independent, Rabu (16/12/2009).

Memang agak sulit untuk mendefinisikan bagaimana ekspresi dari menggoda, banyak diantaranya yang mengetahui hal tersebut tapi tidak menyadarinya. Biasanya tidak ada isyarat lain selain gerakan wajah yang bisa mempengaruhi bagaimana seseorang menilai suatu daya tarik.

“Jika kita ingin menarik perhatian seseorang di suatu pesta, maka menggoda secara efektif bisa sangat membantu,” ungkapnya.

Seperti dipublikasikan dalam Archives of Sexual Behaviour, peneliti menggunakan beberapa gerakan wajah animasi yang didasarkan pada orang-orang nyata. Gambar-gambar ini diperlihatkan pada 16 perempuan untuk menentukan skala ketertarikannya.

“Pada masa subur dari siklus menstruasinya secara konsisten perempuan tersebut lebih menyukai wajah-wajah yang dikategorikan sebagai ekspresi genit,” ujar Dr Morrison.

Dengan melakukan pemetaan pada titik-titik di wajah untuk mengukur tingkat gerakannya, peneliti menyimpulkan bahwa sebagian besar perempuan lebih menyukai wajah-wajah yang bersemangat. Tapi tingkat gerakan ternyata bukanlah satu-satunya tanda, isyarat-isyarat sosial lain secara spesifik juga memainkan peranan.

“Ini menunjukkan bahwa daya tarik tidak hanya mengandalkan wajah saja, tapi dengan mengubah cara bergerak wajah juga bisa meningkatkan daya tarik kita terhadap seseorang,” tambahnya. Selain itu cobalah untuk mengajak lawan jenis mengobrol jika ekspresi wajahnya menunjukkan ketidaktertarikan.

Berdasarkan hasil ini dan penelitian sebelumnya didapatkan perempuan memiliki perilaku dan ketertarikan yang berbeda selama siklus menstruasinya. Jika berada dalam masa subur (ovulasi) perempuan lebih menyukai laki-laki yang tinggi, wajah yang maskulin dan suara yang lebih dalam atau berat. Dengan begitu perempuan yang berada pada masa subur, akan lebih mudah tertarik jika digoda oleh lawan jenisnya.

Ovulasi adalah masa paling subur dari siklus seorang perempuan. Perempuan yang memiliki siklus menstruasi teratur (28 hari), maka masa suburnya adalah saat hari ke 15 dengan hari pertama haid dihitung sebagai hari 1.

Ketika perempuan mengalami ovulasi, berbagai hormon dalam tubuhnya akan disesuaikan untuk mempersiapkan diri menghadapi ovulasi, pembuahan dan implantasi. Ovulasi terjadi kira-kira 10-12 jam setelah hormon LH (luteinizing hormone) mencapai puncak. Hormon yang diproduksi saat masa ovulasi ini adalah hormon progesteron, hormon estrogen, hormon LH dan FSH (follicle-stimulating hormone).

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: